Kamis, 16 September 2010

3 Cara Menyadari Potensi Halaman Kita

3 Cara Menyadari Potensi Halaman Kita


Halaman rumah merupakan hal yang sangat mungkin dibuat menjadi taman. Namun apakah kita pernah memikirkan potensi yang ada pada rumah kita? Padahal jika diperhatikan dengan seksama, potensi sekecil apapun yang dimiliki di halaman akan selalu memberi arti tersendiri bagi lingkungan sekitar. Dan bagaimana cara menyadari potensi yang ada tersebut? Berikut ini adalah ulasan yang saya dapat dari berbagai tulisan dan artikel.

Posisi keberadaan halaman

taman-cantikMau dimanapun posisi halaman kita tentu tidak menjadi suatu halangan untuk merencanakan taman. Baik itu di depan, samping, atau di belakang rumah merupakan potensi yang perlu disadari sedini mungkin. Beruntung jika Anda memiliki kavling atau rumah dengan posisi di sudut jalan, karena potensi yang didapat dalam merencanakan taman akan lebih leluasa. Namun bagaimana dengan rumah yang dihimpit dengan dua tetangga disebelah rumah kita? Tentu saja dengan pengoptimalan halaman depan yang mana menjadi area penerima bagi penghuni dan tamu.

View dari dan luar halaman

pagar-hidupPemanfaatan view yang hadir di halaman kita menjadi faktor pendukung untuk rencana pembuatan taman. Masih ingat tentang tulisan saya 7 Points Nothing Impossible being Go Green tentang pembuatan pagar hidup? Di tulisan tersebut saya menjelaskan pembuatan batas area rumah tanpa pagar, tapi membuat taman yang dapat membuat batas semu antara area dalam dan luar halaman. Ini juga merupakan potensi yang baik untuk menyatukan halaman kita dengan lingkungan di sekitar rumah kita.

Ruang terbuka di dalam rumah

PatioPelajaran pada waktu kuliah mengingatkan saya tentang pembahasan ini. Pembuatan patio atau taman di dalam rumah sangat efektif untuk mengoptimalkan perencanaan taman. Seperti di kawasan Timur Tengah, dimana hampir semua rumah mempunyai patio untuk memberikan sirkulasi udara dan mengurangi panas. Tentu saja ini bisa dicontoh untuk pembuatan taman di tengah rumah kita. Selain aliran udara yang lancar, sejuk, dan sinar Matahari yang selalu masuk, tentu saja itu menjadikan rumah kita sebagai rumah sehat.

sumber : info taman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar